Langkah Praktis dan Panduan Lengkap Cara Membuat Blog untuk Pemula di Tahun 2018

Cara Membuat BlogMembuat blog itu bisa dilakukan dalam kisaran waktu 5 menit saja, tapi merencanakan dan menjadi blogger sukses itu tidak semudah saat membuat blog. Ngeblog merupakan cara paling efektif untuk berbagi ide dan keahlian Anda secara online.

Anda akan mulai membuat blog, berarti Anda sudah siap untuk:

  • Mempromosikan bisnis atau merek serta mengembangkan bisnis Anda
  • Menghasilkan uang hingga puluhan juta rupiah setiap bulan melalui blog

Di tahun 2018 ini, kalau Anda tidak menyiapkan tujuan membuat blog untuk 2 alasan di atas, percuma Anda menghabiskan banyak waktu untuk menulis dan mengurusi blog Anda.

Tidak ada manfaatnya..

Lalu bagaimana cara menjadi blogger sukses dan mencapai tujuan di atas?

Semua blogger bisa sukses asalkan tetap tekun dan konsisten ngeblog. Bahkan, Anda juga bisa menghasilkan uang dari blog jika Anda:

  • Tidak asal-asalan membuat blog (asal jadi)
  • Mampu menghasilkan artikel atau konten berkualitas (secara konsisten)
  • Mampu mempromosikan blogsecara jelas
  • Tidak mengisi konten atau artikel dengan topik random alias gado-gado

Intinya, jangan membuat blog yang pada akhirnya dikelola secara berantakan. Asal tulis, asal jadi, asal promosi, pokoknya asal-asalan.

Jika Anda mematuhi 4 aturan ngeblog di atas, blog Anda akan berkembang dan Anda pasti akan menjadi blogger yang berpeluang tinggi untuk sukses.

Empat aturan di atas sedang saya praktikkan. Maka, oleh karena itu mari kita melangkah bersama-sama untuk mempelajari cara membuat blog mulai dari nol hingga bisa menjadi blogger sukses.

Cara membuat blog profesional mulai dari NOL!

Artikel ini akan berisi panduan cara bikin website atau blog profesional mulai dari tidak paham blog, apalagi code-codean pemrograman sama sekali, sampai Anda mahir mengelola blog sendiri. Ketika blog sudah diluncurkan dan dikunjungi pemirsa, tidak ada yang tahu bahwa Anda adalah seorang blogger pemula.

Karena saya akan menunjukkan kepada Anda cara menyiapkan dan mengonfigurasi blog atau website yang luar biasa!

4 hal yang wajib Anda persiapkan untuk membuat sebuah blog

  1. IDE (mencari dan menemukan topik untuk blog)
  2. Nama domain (sesuai topik lebih baik)
  3. Platform blogging (Blogger vs WordPress)
  4. Tema atau template (agar tampilan blog terlihat bagus)

1. Temukan topik untuk blog Anda

Banyak blogger (saya juga) memulai blogging dengan menulis segala hal.

Bukan berarti menguasai segala hal, melainkan karena tertarik pada beberapa hal lalu menuangkan ide dari topik tersebut menjadi artikel ke dalam blog.

Untungnya…

Itu bukan pilihan yang buruk. Jika Anda masih baru, menulislah sampai Anda menemukan apa yang sebenarnya ingin Anda fokuskan. Apa topik yang paling Anda kuasai?

Sederhananya begini:

Jika Anda menggemari segala sesuatu tentang gadget, mulai dari kustomasi perangkat sampai menguasai hal detil tentang gadget (jika itu menyenangkan), buatlah blog seputar gadget.

Pikirkan topik yang paling Anda kuasai (tidak harus menjadi ahli atau pakar di bidangnya) dan tuangkan hal tersebut ke dalam bentuk tulisan.

Bagi saya, memutuskan topik apa yang harus diisi ke dalam blog adalah salah satu bagian yang paling sulit untuk memulai sebuah blog. Saya telah mencoba menulis beberapa topik di blog saya, dan sekarang blog Ompian ini berusaha lebih fokus membahas tentang apa yang menarik minat saya (gaya hidup era digital) dan apa yang bisa saya rekomendasikan untuk pembaca dengan sebaik-baiknya.

Pikirkan semua hal yang Anda sukai. Hal apa yang paling Anda nikmati? Apa yang Anda menyukai hal tersebut? Anda pasti akan tetap semangat dan konsisten menulis dan meluangkan waktu untuk mengelola blog jika Anda benar-benar tertarik dengan topik tersebut.

Jika topik yang dipilih tidak menarik bagi orang lain, ditambah lagi Anda tidak meminati dan menguasai topik tersebut, isi blog Anda akan terasa hambar atau tidak berkualitas.

Topik yang bisa menghasilkan uang?

Semua topik bisa menghasilkan uang, asalkan Anda mengerti dan menguasai topik yang dipilih. Jangan pilih topik yang tidak menarik bagi Anda. Pastikan konten yang Anda buat mampu menarik minat baca banyak orang.

Bahkan blog yang sekedar menyebarkan informasi lomba menulis di blog saja bisa menghasilkan uang lewat kerja sama dengan suatu brand. Niatkan ngeblog untuk jangka panjang, konsisten menulis sesuai topik yang Anda pilih, pasti akan menghasilkan uang.

2. Tentukan nama domain

Apa itu nama domain?

Domain adalah alamat –dalam hal ini– blog Anda. Nama domain blog ialah bagian dari URL.

Contoh:

http: // ompian.com

URL blog saya http://ompian.com dan nama domainnya adalah ompian.com

Nama domain itu penting, karena nama domain yang Anda pilih itulah brand Anda. Mencari dan menemukan nama domain akan jadi lebih mudah kalau Anda sudah menemukan topik dan ide untuk blog Anda. Tuliskan beberapa nama yang sesuai, lalu tentukan satu nama yang paling sesuai dengan topik blog yang Anda pilih untuk dijadikan sebagai nama domain Anda.

3. Pilih platform blog: Blogger atau WordPress

Ini langkah membuat blog paling menarik dan mudah menurut saya.

Sebagai pemula, Anda pasti menginginkan platform blogging yang mudah disiapkan, dan tidak memerlukan keterampilan coding. Jika Anda sudah memutuskan untuk membuat blog di WordPress silakan lanjutkan membaca detailnya, cara menyiapkan blog WordPress, dan lewati saja langkah ini.

Bagi Anda yang baru ingin memulai membuat blog, Anda juga perlu memikirkan jenis blog yang ingin Anda buat, untuk sekarang dan di masa depan.

Seiring pertumbuhannya, Anda mungkin ingin mengubah tampilan website atau blog dan menambahkan lebih banyak fitur untuk pengunjung Anda yang terus bertambah.

Itu berarti penting untuk memilih platform blogging yang punya fleksibilitas pada segi tampilan dengan penambahan fitur yang powerful.

Memulai blog dengan platform yang salah bisa membuat Anda sangat sulit untuk beralih di kemudian hari.

Terakhir, bahkan jika sekarang Anda belum memiliki rencana untuk menghasilkan uang dari blog, semestinya Anda menyiapkannya untuk masa depan. Ngeblog untuk jangka panjang.

Saya sudah menulis perbandingan antar platform blogging untuk Anda:

Perbandingan Blogger dan WordPress

4. Memilih template yang tepat untuk blog

Template yang bagus menurut saya kriterianya seperti ini:

  1. Responsive (template mobile friendly)
  2. User friendly (tampilannya disukai/ramah untuk pembaca)
  3. Fast Loading (makin cepat loading sebuah blog, lebih baik)

Karena Anda sudah mempelajari cara membuat blog sampai pada langkah ini, maka ketiganya harus masuk kriteria template pilihan Anda.

Sama seperti saya.

Bagi saya, nilai SEO dalam sebuah template blog bisa kita perbaiki setelahnya. Baca lebih lanjut: Panduan SEO lengkap untuk pemula.

Sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Di tahun 2018 ini, kalau Anda mempertimbangkan 3 hal tersebut, akan sangat disukai Google. Kecepatan loading halaman jadi prioritas Google pada tahun ini untuk memperbaiki peringkat sebuah blog. Selain itu, blog Anda juga harus responsive (ramah terhadap semua perangkat) atau tampilan blog akan menyesuaikan ukuran setiap perangkat.

Tampilan blog Anda harus bisa diakses dan nyaman dibaca pada perangkat ponsel maupun desktop tanpa harus menyulitkan pembaca dengan melakukan zooming pada layar perangkat mereka.

Cara membuat blog gratis di Blogger

Kita lanjut ke tutorialnya,

Pastikan Anda sudah punya alamat email yang masih aktif.

Masuk ke laman dashboard Blogger dengan cara mengunjungi tautan blogger.com

Membuat blog baru di Blogger

Setelah Anda berada di halaman utama blogger, kalau Anda belum login ke akun email Anda sebelumnya, tampilannya seperti ini:

Halaman Utama Blogger

Kemudian, klik “Buat Blog” > Masukkan alamat dan password email Anda untuk login.

Login Akun Gmail

Setelah memasukkan alamat email dan password yang valid, maka Anda akan diarahkan ke halaman profil Blogger.

Memilih Profil Blogger

Jika Anda memilih profil Google+, nama di blog (penulis) nantinya akan berubah menjadi seperti nama di profil Google+ dan akan ditautkan ke profil Google+ Anda.

Kalau profil terbatas yang dipilih, Anda dapat membuat nama sesuai keinginan Anda. Misalnya: redaksi, editor, admin besar, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke halaman pemilihan judul blog dan nama domain:

Membuat Blog Gratis di Blogger

Kalau semuanya dirasa sudah beres, klik “buat blog”.

Selesai!

Sekarang Anda sudah berhasil membuat blog gratis di Blogger. Langkah pertama sudah Anda selesaikan, kita lanjut ke halaman dashboard untuk mengonfigurasi beberapa settingan dasar.

Pengaturan dasar Blogger

Buka dan masuk ke bilah setelan dasar Blogger:

Klik “Setelan” > Dasar

Judul, deskripsi, dan pengaturan privasi

Pada menu setelan dasar Blogger, Anda dapat mengedit atau mengubah beberapa pengaturan awal blog:

Setelan Dasar Blogger

  • Judul – Anda dapat mengubah dan mengedit judul blog di sini.
  • Deskripsi – Penjelasan singkat tentang blog Anda berupa deskripsi, tagline atau slogan.
  • Privasi – Biarkan setelan default.
    1. Daftar blog – Pilih “Ya”, untuk menambahkan blog Anda ke cantuman Blogger.
    2. Visibilitas mesin pencari – Biarkan “Ya”, jika Anda mengizinkan mesin pencari merayapi blog Anda. Pilih “Tidak”, jika Anda tidak menginginkan mesin pencari untuk merayapinya.

Pengaturan alamat blog

  • Publikasi – Mengedit atau mengubah nama subdomain untuk blog Anda.

Secara default, blog Anda diingani di blogspot.com (namablog.blogspot.com). Tapi, Anda juga bisa membuat blog memakai domain khusus alias Top Level Domain (TLD) sendiri (contoh: www.ompian.com).

Beli domain khusus

Sebelum memindahkan blog ke domain khusus, Anda harus membeli domain TLD di perusahaan registrar domain tepercaya seperti, rumahweb.com atau beli langsung di Google Domain.

Setelan pembaca blog

Secara default, blog Anda bersifat publik, dan bisa dibaca oleh siapa saja di internet. Dengan mengonfigurasi setelan pembaca blog, Anda dapat memilih siapa saja yang bisa melihat atau membaca blog Anda:

  • Publik – Blog Anda terbuka untuk semua pembaca atau pengunjung secara default. Siapa saja bisa melihat blog anda.
  • Private – Hanya penulis blog – Hanya penulis yang telah Anda tambahkan bisa membaca blog. Anda. Penulis harus masuk untuk membaca blog ini. Anda dapat menambahkannya di setelan penulis blog.
  • Pribadi – Khusus untuk pembaca yang Anda tambahkan – Hanya pembaca yang ditambahkan yang bisa membaca blog Anda. Pembaca harus masuk untuk membaca blog ini.

Selesai!

Konfigurasi untuk blog Anda telah selesai. Langkah selanjutnya adalah mengubah atau mengedit beberapa pengaturan yang ada di menu setelan. Pada bab berikutnya, kita akan mengonfigurasi 6 (enam) pengaturan blog lainnya.

Sebentar lagi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *