Tutorial SEO On-Page pada Halaman dan Konten untuk Meningkatkan Trafik Website

SEO On-Page adalah faktor paling menentukan teroptimasi atau tidaknya website Anda terhadap mesin pencari jika diamati dari dalam website itu sendiri. Mengoptimalkan halaman dan konten website tidak cukup hanya dengan berpaku pada kepadatan kata kunci.

Tutorial optimasi SEO On-Page ini wajib Anda pelajari dan praktikkan di website Anda. Perlu diperhatikan, mengoptimalkan halaman dan konten website tidak cukup hanya dengan berpaku pada kepadatan kata kunci di dalam artikel/konten website Anda.

Tanpa mengoptimalkan SEO On-Page website dari dalam untuk kebutuhan SEO, akan percuma Anda menerapkannya memakai strategi atau teknik SEO lainnya. Sebelumnya, pastikan Anda telah membaca bahasan paling utama pada artikel sebelumnya , yaitu panduan belajar seo untuk pemula agar Anda mengerti apa saja hal paling dasar tentang SEO yang harus dipahami.

SEO On-Page itu sederhana… tapi tidak gampang dipraktikkan.

Intinya Anda akan mengoptimasi halaman dan konten blog supaya:

  1. Blog dan isinya bermanfaat bagi para pembaca atau pengunjung
  2. Website atau blog Anda memberi kemudahan kepada pengunjung untuk bereksplorasi
  3. Ramah terhadap pengunjung dan membuat mereka betah untuk terus di dalamnya
  4. Search engine mengerti struktur yang dikemas dalam website atau blog Anda

Dengan mengoptimasi website yang ramah terhadap mesin pencari mulai dari dalam halaman dan konten website (SEO On-Page) berarti Anda telah membuat pengunjung puas.

Sederhananya begini…

Mesin pencari bekerja untuk pengguna (pencari) atau calon pengunjung, maka Anda harus bekerja untuk kedua-duanya. Anda harus memberikan pengalaman berarti kepada pengunjung dengan mengoptimalkan situs web atau blog dan halaman maupun konten blog Anda.

Apa yang akan kita lakukan?

Optimasi SEO On-Page pada komponen halaman dan konten blog

Ada beberapa faktor dalam halaman, termasuk konten yang mempengaruhi kepuasan pengguna dan peringkat website Anda di mesin pencari, diantaranya:

  1. Judul
  2. Keyword
  3. Konten
  4. URL
  5. Meta description

Kita akan mulai optimasi SEO On-Page pada halaman dan konten website

1. Optimasi judul halaman yang efektif dan mengundang klik

Judul merupakan bagian penting dari pengoptimalan mesin pencari dan bisa membuat pengguna mesin pencari tertarik untuk mengeklik tautan di halaman hasil penelusuran menuju halaman blog Anda. Inilah kunci utama optimasi SEO On-Page: mengundang klik.

Meskipun hal ini cukup sederhana, tapi dampaknya sangat tinggi. Teknik paling mudah yaitu dengan menuliskan keyword utama incaran Anda pada halaman atau konten yang dimaksud.

Tidak segampang itu.

Ada hal yang lebih penting dalam mengoptimasi judul, selain memasukkan kata kunci yang dibidik, Anda juga harus pastikan judul tersebut dapat membuat manusia tertarik dan mengundang klik.

Apabila judul yang Anda buat mampu mengundang klik dan menarik banyak pengunjung, bisa dipastikan peringkatnya di mesin telusur juga akan naik. Jika saat ini website Anda ada di urutan ke dua di halaman hasil penelusuran (SERP), karena judul tersebut mampu menarik lebih banyak pengunjung, maka peringkatnya akan naik.

Karena judul adalah elemen yang paling pertama dibaca di hasil pencarian, maka dengan mengoptimasi judul jumlah klik bisa bertambah. Tapi ingat, Judul haruslah ringkas dan mendeskripsikan isi dari konten halaman yang Anda buat.

Baca penjelasan lengkapnya

2. Keyword (kata kunci) yang populer dan relevan

Optimasi halaman berarti mengoptimasi kata kunci untuk halaman. Jadi, keyword haruslah pas dan populer. Semakin relevan keyword yang ditanam, semakin tinggi pula peringkat halaman website Anda di laman hasil pencarian (SERP).

Setiap halaman di website Anda harus dioptimasi paling tidak untuk 1 kata kunci saja.

Dengan menyertakan keyword dalam halaman website Anda. Tepatnya di dalam konten, di judul, dan di URL. Teknik ini dilakukan supaya mesin pencari dan pengunjung akan langsung memahami apa isi dari halaman website Anda. “Halaman ini membahas apa, ya..?”

Ketika Anda ingin membeli kaos dengan cara mengetikkan keyword “beli kaos”, maka Google akan menampilkan halaman website yang menjual kaos sesuai kata kunci yang dicari.

Sedangkan ketika Anda mencari dengan kata kunci “jenis kaos”, yang akan ditampilkan adalah informasi atau artikel tentang jenis atau model kaos. Anda harus paham maksud di balik sebuah kata kunci. Apakah kata kunci yang Anda bidik khusus untuk orang-orang yang hanya memerlukan informasi, atau malah sebaliknya.

Maka dari itu, percuma saja Anda membidik keyword “beli kaos” kalau maksud dari kata kunci yang Anda bidik hanya untuk artikel tentang jenis dan model kaos.

3. Konten berkualitas dan bermanfaat

Konten adalah komponen penting dan paling utama dalam sebuah halaman blog. Itu artinya konten merupakan pemegang peranan terbesar dalam optimasi SEO On-Page. Anda jangan berharap akan mendapat peringkat 1, dalam artian berada di urutan teratas pada halaman hasil telusur mesin pencari tanpa memiliki konten berkualitas di dalam blog.

Dengan memiliki konten berkualitas, akan dengan mudah membawa website Anda ke posisi teratas SERP atau dengan cepat mendorong situs web atau blog lain ke urutan peringkat di bawah Anda dalam hasil pencarian.

Konten berkualitas itu punya beberapa kriteria:

  1. Bermanfaat dan memuaskan serta menjawab rasa penasaran pengunjung
  2. Pengunjung betah menyimak sampai tuntas walau dengan durasi bacaan yang panjang
  3. Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung
  4. Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll.)
  5. Menyelesaikan permasalahan pengunjung

Jika Anda mengincar peringkat 1 di laman hasil telusur mesin pencari (SERP) dan bertahan dalam waktu yang lama, konten yang Anda buat sebaiknya memenuhi kelima kriteria yang disebutkan di atas.

4. URL yang ringkas dan deskriptif

Walaupun pengaruhnya tidak begitu besar, tapi URL yang mengandung kata kunci deskriptif cukup mempengaruhi peringkat dan posisi website Anda dalam hasil pencarian.

Berikut ini contoh URL yang tidak baik:

  • valentinoroti.com/?p=46

Hindari penggunaan URL seperti itu.

Atau…

Jika Anda pengguna platform blogger, URL akan terpotong/tidak cukup memuat sesuai judul artikel yang terlalu panjang. Usahakan agar kata kunci incaran Anda masuk ke dalam URL tanpa  ada kata yang terpotong.

URL yang tepat dan bagus ialah yang relevan atau berkaitan dengan isi dari halaman tersebut.

Contohnya:

  • Halaman yang memuat tentang ‘resep roti panggang’ » domain.com/resep-roti-panggang/
  • Untuk halaman produk ‘xiaomi redmi 5A’ » domain.com/ponsel/xiaomi-redmi-5a/

Usahakan URL yang Anda buat selalu relevan dan berhubungan dengan isi konten/artikel, akan lebih berbobot kalau URL tersebut mengandung keyword utama konten yang dimaksud.

5. Buatlah meta description semenarik mungkin

Meta description akan muncul dalam laman hasil pencarian, seperti ini:

Meta Description
Deskripsi Meta blog Ompian

Perihal deskripsi penelusuran ini sebetulnya tidak begitu berpengaruh terhadap pemeringkatan halaman Anda di mesin pencari. Saat ini, algoritma Google lebih sering memanfaatkan unsur kalimat di dalam konten atau artikel website sebagai deskripsi halaman.

Namun, tidak ada salahnya Anda mengisi kolom meta description tersebut dengan kalimat yang menarik dan mengundang klik. Karena semakin banyak klik oleh manusia, maka semakin baik pula peringkat website atau blog Anda di laman hasil telusur mesin pencari.

LANJUT KE BAB BERIKUTNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *