Tiga Langkah Mudah Mengoptimalkan Title Tag Website yang Menarik dan SEO Friendly

Title tag sebenarnya salah satu elemen penting yang tak boleh dilewatkan untuk hasil SEO blog yang optimal atau biasa disebut SEO friendly. Sebelum menutup tab browser, tuntaskan dahulu poin pentingnya dalam 3 langkah yang saya jabarkan di bawah ini untuk optimasi title tag situs web atau blog Anda yang optimal untuk pembaca dan mesin pencari.

Sebelum lanjut membaca artikel ini, Anda wajib selesaikan tahap awal perihal optimasi SEO on-Page dalam artikel optimasi SEO On-Page

Jika Anda sudah membacanya, poin pertama dari optimasi SEO on-page yang yang saya tulis di artikel tersebut adalah optimasi judul halaman yang efektif dan mengundang klik.

… tapi masih ada yang kurang.

Menarik bukan berarti mengandung click-bait atau judul yang menjebak manusia agar melakukan klik . Jika halaman dan konten yang Anda buat memiliki judul yang jelas dan relevan dengan halaman, manusia dan mesin pencari akan melihat itu sebagai tanda halaman yang bagus.

Pertanyaannya sekarang, apakah judul menarik yang berpotensi mendapatkan klik (kunjungan) sudah pasti optimal untuk SEO?

Tergantung…

Kembali lagi, ada begitu banyak elemen kecil (tapi penting) dalam proses optimasi  SEO yang terkadang tidak mungkin dilakukan untuk semuanya dengan sempurna.

Atau… sempurna menurut Anda tapi tidak bagi mesin pencari.

Jika Anda pernah menggunakan mesin pencari sebelumnya, Anda pasti telah melihat title tag atau tag judul halaman. Terlepas, apakah Anda menyadarinya atau tidak.

Ini hanya judul di SERP (search engine results page).

Saya tidak bisa membayangkan, betapa ‘pintarnya’ algoritma mesin penelusuran sehingga membuat penggunanya kewalahan. Namun demikian Anda harus ingat, masih banyak elemen lain (selain title tag) yang semuanya harus diatur dengan sempurna agar SEO Anda benar-benar berhasil.

Sebelum memberi manfaat kepada pengunjung lewat konten relevan dan menarik, langkahi dulu algoritma mesin pencari. Title tag adalah salah satu pilar SEO. Title tag bagian dari hal tak terpisahkan dan harus dioptimalkan untuk mesin pencari maupun pengguna.

Dalam salah satu artikelnya, Moz menjelaskan, title tag adalah faktor terpenting kedua halaman untuk SEO, setelah konten. Baca artikelnya: Title Tag

Mungkin saat ini Anda sudah tahu pentingnya membuat artikel atau jenis konten lainnya yang menarik perhatian pengguna (mengundang klik).

Itu saja belum cukup…

… dan Anda harus ingat

Bagi pengguna yang mencari informasi di laman pencarian, tidak begitu penting artikel Anda sebagus apa pun, kalau dari judulnya saja tidak menarik, mereka tidak akan membuka, apalagi membacanya.

Saya ulangi, mengoptimalkan judul halaman dan konten Anda untuk tujuan SEO juga tidak kalah penting. Singkatnya, Anda harus membuat judul halaman dan konten website atau blog mengundang klik dan ramah terhadap mesin pencari.

Title tag yang optimal agar menarik dan SEO friendly

Ada beberapa elemen yang harus diperhatikan dalam mengoptimasi title tag:

Title tag harus ringkas

Judul yang ringkas lebih mudah dibaca oleh manusia dan ramah terhadap mesin pencari. Mesin pencari suka yang ringkas.

Ingat!

Ringkas bukan dalam artian title tag yang terlalu pendek, melainkan judul yang diringkas masih dalam keadaan berbobot tanpa melupakan kata kunci untuk halaman atau konten. Ada alasan mengapa title tag yang ringkas lebih baik, karena mesin pencari akan memotong judul halaman atau konten di laman SERP kalau title tag yang Anda buat terlalu panjang.

Idealnya, pembaca dan mesin pencari harus dapat melihat keseluruhan title tag sehingga mereka mendapatkan apa yang dicari sebelum masuk ke dalam halaman kontennya.

Moz menyatakan bahwa Google biasanya akan menampilkan 60 karakter dari keseluruhan title tag yang Anda buat. Jadi, jika title tag Anda adalah 60 karakter atau kurang, biasanya Anda dapat memperkirakan bahwa keseluruhan judul akan ditampilkan.

Jika Anda ingin memastikannya, Moz juga menyediakan alat pratinjau untuk title tag yang Anda buat. Pastikan judul artikel yang Anda buat tampil secara keseluruhan: Title Tag Preview Tool

Title tag preview tool by Moz

Itu adalah tool hebat yang saya sarankan untuk Anda gunakan. Ingat, title tag harus ringkas, tapi tidak terlalu pendek dan usahakan agar tetap menarik dibaca tanpa melupakan kata kunci incaran Anda.

Title tag wajib berisi kata kunci yang Anda bidik

Anda mungkin mengharapkan agar dapat melihat kata kunci incaran dalam artikel tentang “SEO”. Agar artikel yang Anda tulis masuk dalam peringkat teratas SERP, usahakan agar kata kunci yang Anda bidik ditaruh (berada) sedekat mungkin dengan permulaan judul, bukan di akhir judul artikel.

Berikut adalah contoh optimasi title tag yang baik, dimana kata kunci berada di depan:

Kata kunci berada di awal kalimat

Bandingkan dengan hasil ini, yang menaruh kata kunci di akhir tag judul:

Kata kunci berada di akhir kalimat

Tips dari saya: pastikan dalam penempatan kata kunci di title tag tidak membingungkan pembaca.

Tunggu dulu…

Soal penempatan kata kunci utama yang berada di permulaan judul tidak berdampak besar bagi SEO. Ada yang lebih penting dari itu:

Title tag harus mewakili konten dan menggambarkan manfaatnya

Sama seperti headline atau tajuk utama di surat kabar, title tag perlu menggambarkan manfaat yang menonjol bagi pembaca. Title tag haruslah mewakili konten yang Anda buat. Pastikan manusia dan mesin pencari tahu bahwa halaman Anda memiliki konten unik dan berharga.

Anda harus memastikan title tag tersebut relevan dengan konten, bukan mengada-ada dan bisa dibaca secara alami (kalimat judul tidak membingungkan) serta menarik perhatian pembaca.

Berusahalah untuk tidak mengelabui manusia atau pembaca. Yang perlu Anda lakukan adalah memberi gambaran keterwakilan konten terhadap title tag dan apa keuntungan yang akan diterima pengguna jika mereka mengklik halaman Anda tersebut.

… yang Anda inginkan tidak lain hanyalah: klik, dan klik.

Anda hanya ingin pengguna mesin pencari (pembaca) mengeklik dan mendarat di halaman atau konten Anda.

Title tag yang menggambarkan manfaat mungkin tidak akan berguna bagi robot mesin pencari, tapi jauh lebih penting agar manusia yang menemukan situs web atau blog Anda menerima manfaat, bahkan bisa menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi.

BACA BAB BERIKUTNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *