Panduan Belajar WordPress Lengkap untuk Pemula Sampai Mahir

Belajar WordPress dimulai dari mana? Cara membuat blog di WordPress bagi pemula mungkin terdengar sulit dikerjakan. Padahal tidak sulit sama sekali. Membuat blog atau website berbasis WordPress itu tidak perlu keahlian coding alias pemrograman. Sama seperti saat Anda mengelola blog di platform Blogger (blogspot) milik Google.

Artikel ini sebagai bab pertama seri panduan belajar WordPress lengkap yang akan saya update secara bertahap.

Jika ingin benar-benar paham fitur-fitur yang disediakan WordPress, Anda harus membaca panduan lengkap ini. Karena di artikel saya memutuskan untuk menulis materi belajar WordPress untuk pemula sampai mahir.

… mulai dari NOL.

Mulai dari perkenalan tentang WordPress, instalasi, sampai menyiapkan konten serta mengoptimasi SEO untuk blog WordPress.

Belajar WordPress

Untuk diketahui…

… pada awalnya, saya pun tidak mengerti bagaimana cara membuat website atau blog WordPress.

Dahulu, saya tidak tertarik pada WordPress karena masih bingung mengenai perbedaan antara: WordPress.com dan WordPress.org

Pertanyaan lain yang muncul: apa itu WordPress self-hosted?

Namun, akhirnya (sekarang) saya berkesimpulan, WordPress adalah pilihan terbaik. Termasuk bagi pemula atau orang-orang yang baru (akan) membuat website.

Bagi Anda yang menemukan blog ini dan membaca artikel panduan WordPress ini secara bertahap, Anda termasuk orang yang beruntung. Banyak situs web atau blog lain menulis tentang panduan WordPress. Sebagian besar tutornya memuat seri panduan secara ajcak dan tidak teratur memandu pemula mulai dari nol, bab demi bab, dsb.

Anda saat ini sedang membaca bab pertama perihal WordPress alias pendahuluan atau bab perkenalan tentang WordPress. Pada setiap bab/artikel panduan WordPress, saya akan menampilkan tombol tautan menuju bab berikutnya di bagian bawah artikel.

Mari berkenalan dengan WordPress:

Bisa dipastikan, Anda yang sedang membaca artikel ini pasti pernah mendengar “WordPress”. Karena WordPress adalah platform blog atau website terpopuler di dunia. Hampir tidak ada pemilik website yang tidak mengenalnya.

Fitur-fitur yang disediakan oleh WordPress tidak terbatas, tidak harus yang berbayar, bahkan proses belajarnya sangat mudah.

Dalam seri panduan ini, Anda akan belajar dasar-dasar WordPress, mulai dari instalasi sampai menguasai fitur-fiturnya.

Saya memutuskan untuk membuat panduan paling komprehensif langkah demi langkah bagaimana cara membuat sebuah situs web tanpa mempelajari apalagi menguasai bahasa pemrograman.

Pengertian WordPress

WordPress adalah salah satu Content Management System (CMS) yang bersifat open source (sumber terbuka). Anda bebas bebas mendownload, menginstal, menggunakan dan memodifikasinya. Anda bisa menggunakannya untuk membuat website apa pun.

Itu artinya CMS WordPress tersedia bagi siapa saja untuk belajar, memodifikasi dan mengutak-atik seluruh isi di dalamnya.

Anda sekarang pun sedang membaca artikel di blog yang dibuat dengan memakai tenaga WordPress.

Mengapa harus membuat website berbasis WordPress?

WordPress ada di urutan pertama CMS paling banyak digunakan, dengan kata lain WordPress menjadi yang terpopuler di dunia saat ini.

CMS paling populer
CMS paling banyak digunakan | trends.builtwith.com/cms

Menurut survei, sampai saat ini ada 29,2% website di internet dibuat dengan WordPress. Bahkan website-website terbesar di dunia pun menggunakan WordPress:

Pengguna WordPress Terkemuka
Pengguna WordPress Terkemuka

Fakta lainnya yang bisa membuat Anda semakin yakin untuk memakai tenaga WordPress yaitu terkait bahasa yang paling banyak digunakan di WordPress. Bahasa Indonesia menempati urutan ke-3 (2,4%) untuk kategori ini, sementara pada posisi pertama dan kedua masing-masing ditempati bahasa Inggris (71%), dan bahasa Spanyol dengan persentase 4,7%.

Anda dapat membaca statistik lainnya di halaman statistik WordPress

Alasan lain kenapa Anda harus membuat web WordPress ialah seperti yang saya nyatakan di atas tadi: WordPress sangat mudah digunakan. Orang lain pun sangat cepat beradaptasi dengan WordPress.

Sekarang Anda sudah punya alasan kenapa harus menggunakan WordPress:

  1. Tidak perlu keahlian khusus (pemrograman, desain, dll)
  2. Tersedia banyak tema (template) dan plugin gratis yang bisa Anda gunakan untuk memperindah tampilan website dan mengembangkan (menambah fitur) atau elemen dalam website.
  3. Bebas memodifikasi sesuai kebutuhan
  4. WordPress punya banyak komunitas yang aktif dan tersebar di internet. Anda juga bisa bergabung di forum khusus pengguna WordPress untuk meminta bantuan mereka.
  5. Sangat mudah dipelajari

WordPress telah berkembang selama bertahun-tahun dan terus diperbarui oleh jutaan programmer di dunia. Tidak hanya untuk sekedar membuat blog sederhana, tapi sekarang WordPress juga memungkinkan Anda untuk membuat berbagai macam situs web dan aplikasi mobile yang berfungsi penuh.

Itulah sekilas pendahuluan tentang belajar WordPress. Klik tombol di bawah untuk masuk ke bab berikutnya:

LANJUT KE BAB BERIKUTNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *